Naskah Khutbah Jumat Akhir Tahun 2022 Singkat Terbaru. Selalu Ingat akan Kematian dan Mempersiapkannya

- 7 Desember 2022, 13:54 WIB
Naskah Khutbah Jumat Akhir Tahun 2022 Singkat Terbaru. Selalu Ingat akan Kematian dan Mempersiapkannya
Naskah Khutbah Jumat Akhir Tahun 2022 Singkat Terbaru. Selalu Ingat akan Kematian dan Mempersiapkannya /Pixabay

JURNAL MEDAN - Berikut Naskah Khutbah Jumat Akhir Tahun 2022 singkat dan terbaru, sekaligus menyambut Tahun Baru 2023 dengan isi pembahasan mengenai amalan sebelum kematian datang.

Judl khutbah yang bisa disampaikan khatib adalah: Selalu Ingat akan Kematian dan Mempersiapkannya.

Urain teks khutbah selengkapnya dapat di lihat di bawah ini.

Baca Juga: Referensi Khutbah Jumat Edisi Tahun Baru 2023 Singkat. Sambut Awal Tahun dengan Memakmurkan Masjid

Khutbah Pertama:

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَتُوْبُ إِلَيْهِ، وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ؛ صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.
أَمَّا بَعْدُ مَعَاشِرَ المُؤْمِنِيْنَ عِبَادَ اللهِ: اِتَّقُوْا اللهَ؛ فَإِنَّ مَنِ اتَّقَى اللهَ وَقَاهُ وَأَرْشَدَهُ إِلَى خَيْرٍ أُمُوْرٍ دِيْنِهِ وَدُنْيَاهُ .

Ibadallah, Bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa. Menaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala yang Dia larang. Bertakwalah kepada Allah dalam kondisi sempit maupun lapang. Dalam kondisi sedih maupun bahagia. Dalam keramaian maupun saat sendirian.

Ibadallah, Yakinlah! Berkumpulnya kita di dalam masjid saat ini jauh lebih baik dibanding proyek-proyek besar, dengan uang melimpah, yang tengah diusahakan orang pada saat ini. Tapi meninggalkan jumatan. Apalagi meninggalkan jumatan dalam keadaan nganggur dan santai. Tidak ada yang ia dapat dari dunianya. Amaan yang sedang kita lakukan saat ini adalah sesuatu yang ingin diulangi oleh semua orang yang telah mati. Agar mereka bisa menambah bekal mereka untuk akhirat. Walaupun saat hidup mereka merasakan kenikmatan dunia yang banyak. Tapi kalau dihidupkan kembali dan diberi pilihan, mereka akan lebih memilih ini dibanding kenikmatan lain yang pernah mereka rasakan. Dan saat di dunia, Allah sudah mengingatkan kita akan hal ini. Allah Ta’ala berfirman,

وَتَزَوَّدُوا۟ فَإِنَّ خَيْرَ ٱلزَّادِ ٱلتَّقْوَىٰ وَٱتَّقُونِ يَٰٓأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ

Halaman:

Editor: Ade Kurniawan


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x