Teks Singkat Khutbah Jumat PDF, Tema Makna Diam Yang Bernilai Pahala dan Ibadah, Lengkap Khutbah I dan II

- 9 Februari 2023, 14:34 WIB
Teks Singkat Khutbah Jumat PDF Terbaru, Tema Makna Diam Yang Bernilai Pahala dan Ibadah, Lengkap Khutbah I dan II
Teks Singkat Khutbah Jumat PDF Terbaru, Tema Makna Diam Yang Bernilai Pahala dan Ibadah, Lengkap Khutbah I dan II /

JURNAL MEDAN - Dalam tulisan ini terdapat Teks Singkat Khutbah Jumat lengkal link unduh PDF, tentan makna diam agar menjadi ibadah.

Tema atau judul khutbah jumat dalam kesempatan ini adalah Makna Diam Yang Bernilai Pahala dan Ibadah.

Lengkap Khutbah Jumat I, II dan doa penutup.

Dilansir dari laman bersama dakwah.com simak uraian teks khutbah jumat selengkapnya.

Untuk format naskah khutbahjumat dalam bentuk pfd diakhir tulisan.

Baca Juga: Keren! Produk Pemkab Tapsel Jadi Incaran Warga pada Hari Pers Nasional 2023 2023 di Medan

Khutbah Pertama:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ جَعَلَ أُمَّتَنَا أُمَّةَ الإِسْلَامِ خَيْرُ أُمَّةٍ، وَبَعَثَ إِلَيْنَا رَسُوْلاً يَتْلُوْ عَلَيْنَا آيَاتِهِ وَيُزَكِّيْنَا وَيُعَلِّمُنَا الكِتَابَ وَالحِكْمَةَ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ أَكْمَلَ لَنَا الدِيْنَ وَأَتَمَّ عَلَيْنَا النِعْمَةَ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ المَبْعُوْثُ لِلْعَالَمِيْنَ هُدًى وَرَحْمَةً، صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.
أَمَّا بَعْدُ أَيُّهَا المُؤْمِنُوْنُ عِبَادَ اللهِ:
اِتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى؛ فَإِنَّ مَنِ اتَّقَى اللهَ وَقَاهُ، وَأَرْشَدَهُ إِلَى خَيْرٍ أُمُوْرٍ دِيْنِهِ وَدُنْيَاهُ.

Ibadallah, Sesungguhnya di antara kenikmatan yang Allah berikan kepada manusia adalah kenikmatan mampu untuk berbicara mengerluarkan kata-kata. Yang mana hal itu membedakan kita dengan hewan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

أَلَمْ نَجْعَل لَّهُۥ عَيْنَيْنِ. وَلِسَانًا وَشَفَتَيْنِ
“Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata, lidah dan dua buah bibir.” [Quran Al-Balad: 8-9].

Dengan lisan tersebut seseorang bisa memperoleh pahala yang besar. Bisa mencapai derajat yang sangat tinggi di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ مِنْ رِضْوَانِ اللَّهِ لَا يُلْقِي لَهَا بَالًا يَرْفَعُهُ اللَّهُ بِهَا دَرَجَاتٍ وَإِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ مِنْ سَخَطِ اللَّهِ لَا يُلْقِي لَهَا بَالًا يَهْوِي بِهَا فِي جَهَنَّمَ
“Sesungguhnya ada seorang hamba benar-benar berbicara dengan satu kalimat yang termasuk keridhaan Allah, dia tidak menganggapnya penting; dengan sebab satu kalimat itu Allah menaikkannya beberapa derajat. Dan sesungguhnya ada seorang hamba benar-benar berbicara dengan satu kalimat yang termasuk kemurkaan Allah, dia tidak menganggapnya penting; dengan sebab satu kalimat itu dia terjungkal di dalam neraka Jahannam”. [HR al-Bukhari, no. 6478].

Baca Juga: Pengertian Childfree Adalah? Kata Kata yang Viral di TikTok, Jadi Trending Lantaran Dibahas Gitasav

Dengan lisan seseorang bisa berdzikir. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

وَأَنْ لاَ يَزَالَ لِسَانُ أَحَدِكُمْ رَطْباً مِنْ ذِكْرِ اللهِ
“Dan jangan lepas lisan salah seorang kalian basah dari dzikir kepada Allah.”

Dengan lisan, seseorang bisa membaca Alquran. Bertilawah dengan ayat-ayat Allah di malam dan siang hari. Dengan lisan seseorang berdakwah. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِّمَّن دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ
“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?” [Quran Fussilat: 33].

Namun, kalau lisan tidak dijaga ia sangat berbahaya. Bahkan lebih berbahaya dari anggota tubuh lainnya. Oleh karena itu, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

المسْلِمُ مَنْ سَلِمَ المسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ , و المهاجِرَ مَنْ هَجَرَ مَا نهَى اللهُ عَنْهُ
“Yang disebut dengan muslim sejati adalah orang yang selamat orang muslim lainnya dari lisan dan tangannya. Dan orang yang berhijrah adalah orang yang berhijrah dari perkara yang dilarang oleh Allah .” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits ini, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan lisan terlebih dulu baru anggota badan lainnya. Artinya lisan itu bisa lebih berbahaya dari anggota tubuh yang lain. Meskipun lisan itu kecil, namun aktivitasnya cepat dan jangkauannya jauh dan luas. Adapun anggota tubuh yang lain kemampuannya terbatas. Ia hanya bisa mengganggu orang yang ada di hadapannya. Sementara lisan sangat jauh jangkauannya. Bahkan orang yang mati pun bisa diganggu dengan lisan.

Karena itu, banyak dosa-dosa bersar banyak yang bersumber dari lisan. Contohnya seperti dusta. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِيْ إِلَى الْفُجُوْرِ ، وَإِنَّ الْفُجُوْرَ يَهْدِيْ إِلَى النَّارِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّابًا
“Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai pendusta (pembohong).”

Demikian juga ghibah, membicarakan aib orang lain. Kemudian juga namimah, mengadu domba di antara kaum muslimin. Menebar kebencian. Ini semua merupakan dosa besar. Terlebih lagi kadang lisan berbicara tentang Allah tanpa ilmu. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَأَن تَقُولُوا عَلَى اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ
“Dan kalian berkata-kata tentang Allah apa yang tidak kalian ketahui.” [Quran Al-A’raf: 33]

Dan banyak orang terjerumus ke dalam Neraka Jahannam gara-gara lisannya.

وَإِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ مِنْ سَخَطِ اللَّهِ لَا يُلْقِي لَهَا بَالًا يَهْوِي بِهَا فِي جَهَنَّمَ
“Dan sesungguhnya ada seorang hamba benar-benar berbicara dengan satu kalimat yang termasuk kemurkaan Allah, dia tidak menganggapnya penting; dengan sebab satu kalimat itu dia terjungkal di dalam neraka Jahannam.” [HR al-Bukhari].

Abu Bakar radhiallahu ‘anhu pernah menjulurkan lisannya. Kemudian ia pegang dan berkata,

إن هذا أوردني الموارد
“Inilah yang telah menjerumuskanku.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata kepada Muadz bin Jabal,

« أَلاَ أُخْبِرُكَ بِمَلاَكِ ذَلِكَ كُلِّهِ ». قُلْتُ بَلَى يَا نَبِىَّ اللَّهِ قَالَ فَأَخَذَ بِلِسَانِهِ قَالَ « كُفَّ عَلَيْكَ هَذَا ». فَقُلْتُ يَا نَبِىَّ اللَّهِ وَإِنَّا لَمُؤَاخَذُونَ بِمَا نَتَكَلَّمُ بِهِ فَقَالَ « ثَكِلَتْكَ أُمُّكَ يَا مُعَاذُ وَهَلْ يَكُبُّ النَّاسَ فِى النَّارِ عَلَى وُجُوهِهِمْ أَوْ عَلَى مَنَاخِرِهِمْ إِلاَّ حَصَائِدُ أَلْسِنَتِهِمْ »
“Maukah kuberitahukan kepadamu tentang kunci semua perkara itu?” Jawabku: “Iya, wahai Rasulullah.” Maka beliau memegang lidahnya dan bersabda, “Jagalah ini”. Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kami dituntut (disiksa) karena apa yang kami katakan?” Maka beliau bersabda: “Celaka engkau. Adakah yang menjadikan orang menyungkurkan mukanya (atau ada yang meriwayatkan batang hidungnya) di dalam neraka, selain ucapan lisan mereka?” (HR. Tirmidzi).

Semoga Allah Ta’ala melindungi dan menjauhkan kita dari kejahatan-kejahatan lisan.

أَقُوْلُ هَذَا القَوْلَ؛ وَأَسْتَغْفُرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ فَاسْتَغْفِرُوْهُ يَغْفِرْ لَكُمْ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَحِيْمُ .

Khutbah Kedua:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْداً كَثِيْراً طَيِّباً مُبَارَكاً فِيْهِ كَمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ؛ صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.
أَمَّا بَعْدُ:

Hadirin ma’asyiral muslimin, Ada suatu ibadah yang terlupakan. Ibadah yang tak kalah mulia dibanding dengan mengucapkan kata-kata yang baik. Ibadah tersebut adalah diam. Memilih diam karena takut jatuh pada kemungkaran. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَمَتَ نَجَا
“Barangsiapa yang diam niscaya ia selamat.” (HR. Tirmidzi).

Dalam hadits yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ
“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaklah ia berkata baik atau diam.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Barangsiapa yang meyakini bahwa setiap perkataan akan dipertanggung-jawabkan di akhirat kelak, maka berucaplah dengan kata-kata yang memiliki nilai manfaat. Jika tidak, diam lebih baik baginya. Kalau seandainya berbicara itu senilai dengan perak, maka diam itu senilai dengan emas. Ingatlah semua yang kita ucapkan dicatat oleh malaikat. Sebagaimana firman Allah,

مَّا يَلْفِظُ مِن قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ
“Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” [Quran Qaf: 18].

Kemudian firman-Nya,

أَمْ يَحْسَبُونَ أَنَّا لَا نَسْمَعُ سِرَّهُمْ وَنَجْوَاهُم ۚ بَلَىٰ وَرُسُلُنَا لَدَيْهِمْ يَكْتُبُونَ
“Apakah mereka mengira, bahwa Kami tidak mendengar rahasia dan bisikan-bisikan mereka? Sebenarnya (Kami mendengar), dan utusan-utusan (malaikat-malaikat) Kami selalu mencatat di sisi mereka.” [Quran Az-Zukhruf: 80].

Kaum muslimin, Di zaman sekarang ini banyak sekali orang yang berkomentar terhadap masalah yang mereka lihat. Banyak orang menshare di media social urusan-urusan yang tidak mereka pikirkan dampaknya. Khotib ingin mengingatkan wasiat para ulama kita bahwa tulisan itu sama hukumnya dengan ucapan. Betapa banyak akad terjadi tanpa pembicaraan. Kita lihat jual-beli online yang tanpa pembicaraan. Kemudian sah terjadi keberpindahan pemilikan. Betapa banyak persetujuan hanya dilakukan dengan tanda tangan. Dengan demikian, tulisan itu memiliki nilai yang sama dengan ucapan. Karena itu, hendaknya setiap orang waspada terhadap apa yang ia tulis sebagaimana ia juga waspada terhadap apa yang ia ucapkan.

Di zaman sekarang banyak hal yang memicu kita untuk berkomentar. Demikianlah manusia, memang suka berkomentar. Ketika komentar ini tidak terarah, dia akan memicu permusuhan, saling tuduh, keributan, bahkan pertumpahan darah. Lihatlah di era social media sekarang, dusta tersebar. Berhati-hatilah! Karena semua itu dapat mengantarkan kita ke neraka Jahannam.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melihat seseorang tengah diadzab di alam barzakh. Bagaimana adzabnya? Adzabnya adalah ada seseorang sedang duduk kemudian datang orang lainnya memegang pisau. Kemudian merobek bibirnya sebelah kanan sampai ke leher. Kemudian orang tersebut memindahkan pisau ke bibir sebelah kirinya. Lalu merobeknya hingga ke leher. Begitu ia selesai merobek yang kiri, yang kanan sudah kembali utuh. Lalu ia merobek yang sebelah kanan. Setelah itu yang kiri sembuh lagi. Ia pun merobek yang sebelah kiri. Terus ia diadzab demikian sampai datang hari kiamat. lalu Nabi bertanya siapakah orang tersebut?

أَمَّا الَّذِي رَأَيْتَهُ يُشَقُّ شِدْقُهُ فَكَذَّابٌ يُحَدِّثُ بِالْكَذْبَةِ فَتُحْمَلُ عَنْهُ حَتَّى تَبْلُغَ الْآفَاقَ فَيُصْنَعُ بِهِ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ،
“Adapun orang yang engkau lihat dirobek mulutnya, dia adalah pendusta. Dia berbicara dengan kedustaan lalu kedustaan itu dinukil darinya sampai tersebar luas. Maka dia disiksa dengan siksaan tersebut hingga hari kiamat.” (HR. al-Bukhari).

Sekarang menyebarkan kedustaan demikian mudah. Kalau zaman dahulu, untuk menyebarkan dustanya ia harus menyewa seseorang. Kemudian orang tersebut mengendarai kuda atau ontanya untuk menyebarkan berita tersebut. Tapi di zaman sekarang ucapan seseorang begitu mudah tersebar. Terlebih di era sosial media. Seseorang berdusta, ia posting atau ia buat video di sosial media. Kemudian dilihat oleh orang-orang. Kemudian dibagikan dan diceritakan. Tersebarlah dusta tersebut begitu cepat. Hingga ia pun menanggung akibatnya di hari kiamat. karena itu, hati-hatilah. Waktu akan berlalu. Kehidupan akan berganti dengan kematian. Dan kita akan mempertanggung-jawabkan semua yang telah kita ucapkan.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala menjaga kita dari perkara dusta dan hal-hal lain yang bisa menjerumuskan diri kita dalam neraka Jahannam. Jagalah lisan, karena lisan apabila telah mengeluarkan ucapan, tak bisa ditarik lagi, dicatat oleh malaikat, dan akan kita pertanggung-jawabkan.

وَاعْلَمُوْا أَنَّ أَصْدَقَ الحَدِيْثِ كَلَامُ اللهِ، وَخَيْرَ الهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَشَرَّ الأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعُةٌ، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ، وَعَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ فَإِنَّ يَدَ اللهِ عَلَى الجَمَاعَةِ .
وَصَلُّوْا وَسَلِّمُوْا رَعَاكُمُ اللهُ عَلَى مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ كَمَا أَمَرَكُمُ اللهُ بِذَلِكَ فِي كِتَابِهِ فَقَالَ: ﴿ إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً ﴾ [الأحزاب:٥٦] ، وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (( مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا)) .
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنِ الخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَلْأَئِمَّةَ المَهْدِيِيْنَ؛ أَبِيْ بَكْرِ الصِّدِّيْقِ، وَعُمَرَ الفَارُوْقِ، وَعُثْمَانَ ذِيْ النُوْرَيْنِ، وَأَبِيْ الحَسَنَيْنِ عَلِيٍّ, وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنِ الصَّحَابَةِ أَجْمَعِيْنَ وَعَنِ التَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنَ، وَعَنَّا مَعَهُمْ بِمَنِّكَ وَكَرَمِكَ وَإِحْسَانِكَ يَا أَكْرَمَ الأَكْرَمِيْنَ.
اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ انْصُرْ مَنْ نَصَرَ دِيْنَكَ وَكِتَابَكَ وَسُنَّةَ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، اَللَّهُمَّ انْصُرْ إِخْوَانَنَا المُسْلِمِيْنَ المُسْتَضْعَفِيْنَ فِي كُلِّ مَكَانٍ، اَللَّهُمَّ انْصُرْهُمْ فِي أَرْضِ الشَامِ وَفِي كُلِّ مَكَانٍ، اَللَّهُمَّ كُنْ لَنَا وَلَهُمْ حَافِظاً وَمُعِيْنًا وَمُسَدِّداً وَمُؤَيِّدًا،
اَللَّهُمَّ وَاغْفِرْ لَنَا ذُنُبَنَا كُلَّهُ؛ دِقَّهُ وَجِلَّهُ، أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ، سِرَّهُ وَعَلَّنَهُ، اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِوَالِدَيْنَا وَلِلْمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ وَالمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ. اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ حُبَّكَ، وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ، وَحُبَّ العَمَلَ الَّذِيْ يُقَرِّبُنَا إِلَى حُبِّكَ. اَللَّهُمَّ زَيِّنَّا بِزِيْنَةِ الإِيْمَانِ وَاجْعَلْنَا هُدَاةَ مُهْتَدِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوْبِنَا، وَاهْدِنَا سُبُلَ السَّلَامِ، وَأَخْرِجْنَا مِنَ الظُلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ. اَللَّهُمَّ آتِ نُفُوْسَنَا تَقْوَاهَا، وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرَ مَنْ زَكَّاهَا، أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
عباد الله، (إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنْ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ* وَأَوْفُوا بِعَهْدِ اللَّهِ إِذَا عَاهَدْتُمْ وَلا تَنقُضُوا الأَيْمَانَ بَعْدَ تَوْكِيدِهَا وَقَدْ جَعَلْتُمْ اللَّهَ عَلَيْكُمْ كَفِيلاً إِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا تَفْعَلُونَ) [النحل:90-91]، فاذكروا اللهَ يذكرْكم، واشكُروه على نعمِه يزِدْكم، ولذِكْرُ اللهِ أكبرُ، واللهُ يعلمُ ما تصنعون.

>>DI SINI<< Naskah dalam format PDF. ***

Editor: Ade Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah