Komisi II Tanya DKPP Kenapa Bekerja Lamban? Wakil Ketua Sebut Keterbatasan Karena Kendala Anggaran Hingga SDM

- 24 Januari 2023, 17:57 WIB
Wakil ketua Komisi II Junimart Girsang diwawancarai wartawan sebelum RDP dengan Kemendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP, Selasa, 24 Januari 2023
Wakil ketua Komisi II Junimart Girsang diwawancarai wartawan sebelum RDP dengan Kemendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP, Selasa, 24 Januari 2023 /Arif Rahman/Jurnalmedan.com

JURNAL MEDAN - Wakil ketua Komisi II DPR Junimart Girsang mengatakan kinerja Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terhambat karena kendala anggaran.

Junimart Girsang yang ditemui wartawan sebelum rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kemendagri, KPU, Bawaslu, DKPP membenarkan kendala tersebut.

"Anggaran DKPP hanya 25 miliar. Mereka tidak bisa bekerja maksimal, mereka tidak bisa ke daerah untuk langsung melakukan klarifikasi ke daerah itu," kata Junimart Girsang di ruang rapat Komisi II DPR RI, Senayan, Selasa, 24 Januari 2023.

Baca Juga: Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Bersih: DKPP Sengaja Lamban Menuntaskan Dugaan Kecurangan Pemilu di KPU

Junimart menyebut dirinya sempat berbicara dengan Ketua DKPP Heddy Lugito yang mengatakan mereka baru saja memberhentikan tiga pengawas Pemilu di Kabupaten Nias Selatan.

Junimart kemudian meminta kepada DKPP untuk mengekspos setiap kerja-kerja DKPP sebagai penjaga kode etik penyelenggara Pemilu.

"Nah, maka saya sarankan DKPP tadi langsung ketuanya supaya ini diekspos, supaya masyarakat juga tahu bahwa DKPP kerja-kerja dan tolong komunikasi ke rekan-rekan wartawan, kan begitu," ujarnya.

Secara keseluruhan Junimart menyimpulkan kinerja DKPP tidak maksimal karena anggaran, tetapi ruang lingkup kerjanya seluruh Indonesia.

Baca Juga: Bawaslu Terbitkan Tiga Rekomendasi ke KPU Terkait Nama dan NIK yang Dicatut untuk Dukungan Pencalonan DPD

Halaman:

Editor: Arif Rahman


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x