Bawaslu Segera Perbarui MoU dengan TNI-Polri Terkait Isu Netralitas di Pemilu 2024

- 22 Februari 2023, 13:33 WIB
Anggota Bawaslu RI Puadi
Anggota Bawaslu RI Puadi /Instagram

JURNAL MEDAN - Anggota Bawaslu RI Puadi menyatakan segera memperbarui MoU dengan TNI-Polri terkait isu netralitas di Pemilu 2024.

"Masih proses. Sedang dikomunikasikan oleh bagian Hubal (Hubungan Antar Lembaga) di Divisi Pencegahan," kata Puadi kepada wartawan, Rabu, 22 Februari 2023.

Puadi menyebut MoU atau nantinya Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan TNI-Polri ini sebenarnya sudah dilakukan dalam penyelenggaraan Pilkada dan Pemilu sebelumnya.

Baca Juga: Dana Sosialisasi Tak Diatur UU, KPU Bakalan Progresif, Bawaslu: Pasang Baliho Biar Pemilu 2024 Meriah, Tertib!

Menurut dia, pengawasan netralitas TNI Polri memerlukan semacam teknis penanganan yang dijadikan dasar bersama bagi Bawaslu, TNI, maupun Polri.

Itu sebabnya perlu disusun MoU yang kemudian ditindaklanjuti dengan PKS dan isinya mengatur teknis penanganan dugaan pelanggaran.

Seperti diketahui selama ini terdapat dugaan ketidakberdayaan TNI Polri menangani isu netralitas meskipun penindakan tetap akan dilakukan TNI Polri.

"Hanya saja untuk menjalankan tugas ini Bawaslu perlu membangun kesepahaman dengan pihak Mabes TNI dan Mabes Polri terkait tata cara dan mekanisme penanganan ketidaknetralan TNI/Polri," ujarnya.

Baca Juga: TikTok dan Berbagai Platform Media Sosial Bakal Jadi Saluran Kampanye dan Sosialisasi Menuju Pemilu 2024

Halaman:

Editor: Arif Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah