Kisah Anwar Ujang Sang Legenda PSMS Medan, Bukan Putra Daerah Sumut, Lahir di Karawang, Dimakamkan di Medan

- 13 November 2022, 10:30 WIB
Anwar Ujang (kanan) pernah mengawal legenda sepakbola Brazil dan dunia Pele. Usai pertandingan di Stadion Senayan, Pele sempat memuji permainan Anwar Ujang
Anwar Ujang (kanan) pernah mengawal legenda sepakbola Brazil dan dunia Pele. Usai pertandingan di Stadion Senayan, Pele sempat memuji permainan Anwar Ujang /Dok. Pribadi Indra Efendi Rangkuti

JURNAL MEDAN - Berikut ini kisah pemain legenda PSMS Medan Anwar Ujang, bukan putra daerah Sumut, tetapi besar bersama Ayam Kinantan dan Timnas Indonesia.

Anwar Ujang lahir di Cikampek, Karawang, Jawa Barat, 2 Maret 1944. Dikenal sebagai legenda PSMS Medan dan bintang sepakbola Indonesia di era 1960-an dan 1970-an.

Anwar Ujang seangkatan dengan legenda PSMS Medan seperti Ronny Pasla, Tumsila, Zulkarnaen Pasaribu, Sarman Panggabean, Yuswardi, Nobon Kayamuddin, Wibisono dll.

Baca Juga: Tepat di Hari Pahlawan, HERO PSMS Medan Ramli Yatim Wafat 10 November 1997 di Kota Medan

Kisah Anwar Ujang diceritakan kembali oleh pengamat sepakbola Sumut Indra Efendi Rangkuti kepada Jurnalmedan.com pada Sabtu 12 November 2022.

Pemain yang identik dengan nomor punggung 5 ini pertama kali bergabung Timnas pada April 1965 dan menjadi Kapten Timnas pada tahun 1970-1974.

Di masa jayanya, Anwar Ujang dijuluki Beckenbauer Indonesia dan sering mengikuti pertandingan Timnas melawan tim-tim dari Eropa dan Asia.

Pada masanya, Timnas Indonesia adalah tim yang ditakuti di Asia. Ketika itu, Timnas menjadi negara terkuat di Asia bersama Israel (sekarang masuk ke zona Eropa), Burma (Myanmar), dan Iran.

Baca Juga: Guus Hiddink Bobol Gawang PSMS Medan, Ronny Pasla Tampil Gemilang, Laga Klasik PSMS vs PSV Pada 14 Juni 1971

Halaman:

Editor: Arif Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x