Hasyim Asy'ari Bicara Efektivitas Sipol, Modernisasi Parpol, Tak Ada Lagi Kertas dalam Box Kontainer di KPU RI

- 5 Agustus 2022, 20:56 WIB
Pimpinan KPU RI menggelar konferensi pers. Anggota KPU Idham Holik (tengah) menjawab pertanyaan wartawan
Pimpinan KPU RI menggelar konferensi pers. Anggota KPU Idham Holik (tengah) menjawab pertanyaan wartawan /Arif Rahman/Jurnal Medan

JURNAL MEDAN - Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan efektivitas Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) sebagai suatu upaya modernisasi sistem kepartaian parpol.

Hal ini diungkapkan Hasyim Asy'ari saat menyambut rombongan Partai Demokrat pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024, Jumat, 5 Agustus 2022.

Menurut Hasyim, Sipol yang disiapkan sebagai alat bantu parpol dalam tahapan pendaftaran peserta Pemilu 2024 disiapkan untuk melayani.

Baca Juga: Makin Bersemangat, AHY Fokus Incar Target Suara 60 Persen dari Generasi Milenial Untuk Partai Demokrat

"Sebagaimana kita ketahui bahwa dokumen-dokumen persyaratan sebagaimana ditentukan undang-undang menggunakan sistem yang kita bangun dan sudah digunakan sejak pemilu 2019 lalu," ujar Hasyim.

Dulu, sebelum ada Sipol, parpol sampai harus menyiapkan dokumen dan berkas-berkas pendaftaran yang jumlahnya bisa mencapai berbox-box dan ber-kontainer-kontainer.

Kertas tersebut dibawa ke Gedung KPU RI sebagai syarat untuk pendaftaran seperti verifikasi administrasi dan membantu verifikasi faktual.

Sekarang, Sipol meringankan semua hal tersebut dengan mengganti kertas (paperless) dengan file atau dokumen digital yang diinput dalam Sipol.

Baca Juga: Potret Tampan AHY datangi KPU RI, Tampil Gagah Bersama Ibas Hingga Dielu-elukan Sebagai Presiden RI

Halaman:

Editor: Arif Rahman


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x