Bersaing di Politik, China Taipei Mulai 'Usil' Ganggu Dominasi China di Badminton

- 2 Agustus 2021, 12:36 WIB
Bersaing di Politik, China Taipei Mulai 'Usil' Ganggu Dominasi China di Badminton. Foto: Ganda putra China Taipei Lee Yang-Wang Chi-lin
Bersaing di Politik, China Taipei Mulai 'Usil' Ganggu Dominasi China di Badminton. Foto: Ganda putra China Taipei Lee Yang-Wang Chi-lin /

JURNAL MEDAN - Ganda putra China Taipei Lee Yang-Wang Chi-lin tidak melihat bendera negara mereka mengudara saat pengalungan medali Emas Badminton di Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu 31 Juli 2021.

China Taipei menggunakan bendera putih bermotif bunga plum dan cincin Olimpiade. Lagu yang dibawakan bukan lagu kebangsaan China Taipei, tetapi lagu lain.

Pasangan ganda putra tersebut mengalahkan pasangan China Li Jiunhui-Liu Yuchen sekaligus mencetak sejarah Emas pertama bagi China Taipei.

Baca Juga: 10 Agustus 2021 Dirayakan Sebagai Hari Veteran Nasional, Ini 17 Ucapannya dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

Selama beberapa dekade, politik telah menghalangi kejayaan Olimpiade bagi China Taipei yang dikenal juga sebagai Taiwan.

Taiwan hadir di Olimpiade dengan nama China Taipei, berada di bawah resolusi yang disahkan oleh Komite Olimpiade Internasional.

Salah satu ketentuan di dalamnya adalah larangan penggunaan simbol apa pun yang menunjukkan bahwa Taiwan adalah negara berdaulat.

Di luar arena, ketegangan antara kedua belah pihak meningkat sebelum final, saat final, dan setelah final.

Baca Juga: Live MasterChef Indonesia Season 8 Minggu 1 Agustus 2021 di RCTI: Jesselyn Setara dengan Lord Adi

Halaman:

Editor: Arif Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x