Bukan Bhayangkara FC, Ternyata PSMS Medan Klub Pertama yang Memiliki Ikatan Batin dan Historis dengan Polri

- 1 Juli 2022, 17:11 WIB
Logo HUT Bhayangkara ke 79 pada 1 Juli 2022
Logo HUT Bhayangkara ke 79 pada 1 Juli 2022 /Instagram

JURNAL MEDAN - Banyak penggemar sepakbola kekinian mengenal Bhayangkara FC sebagai klub pertama yang memiliki ikatan batin dengan Polri.

Anggapan itu salah. PSMS Medan adalah klub pertama yang memiliki ikatan batin dengan korps Bhayangkara yang hari ini HUT 1 Juli 2022 yang ke 76 tahun.

Kenyataan ini diungkapkan pengamat sepakbola Sumut Indra Efendi Rangkuti yang memiliki arsip kedekatan tersebut.

Baca Juga: Media Malaysia Nilai Karo United Mustahil Sukses di TYT Cup, Kini Berpeluang Juara, Bakal Ganas di Liga 2?

Menurut dia, PSMS Medan dan Polri memiliki ikatan bathin dan historis yang kuat sejak pertama kali PSMS berdiri di tahun 1950-an.

"Salah satu pendiri PSMS pada 21 April 1950 adalah PO Polisi yang waktu itu diwakili oleh Bapak Sulaeman Siregar," kata Indra Efendi Rangkuti kepada Jurnal Medan, Jumat, 1 Juli 2022.

Klub PO Polisi Medan bertanding di Bandung tahun 1951. Foto: Berdiri Ki-Ka: Usman Pasaribu, Amran Pohan dan Bachtiar. Membungkuk Ki-Ka: Cornel Siahaan, Abu Bakar dan Raden. Jongkok Ki-Ka: Bachrum Atmadja, Fadil, Ramli Yatim, Jusuf Siregar, dan Zainuddin.
Klub PO Polisi Medan bertanding di Bandung tahun 1951. Foto: Berdiri Ki-Ka: Usman Pasaribu, Amran Pohan dan Bachtiar. Membungkuk Ki-Ka: Cornel Siahaan, Abu Bakar dan Raden. Jongkok Ki-Ka: Bachrum Atmadja, Fadil, Ramli Yatim, Jusuf Siregar, dan Zainuddin. Dok. Pribadi Indra Efendi Rangkuti

PO Polisi Medan merupakan klub amatir milik Polri yang bernaung sebagai anggota PSMS.

Dulunya, PO Polisi mampu menghasilkan banyak pemimpin dan pemain legendaris PSMS Medan.

Halaman:

Editor: Arif Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x