PSMS Medan 38 Tahun Lalu, JUARA Divisi Utama Perserikatan Taklukkan Persib Bandung di Laga Final

- 24 Februari 2023, 02:42 WIB
Skuad PSMS Medan saat juara Divisi Utama Perserikatan 1985 mengalahkan Persib Bandung di final
Skuad PSMS Medan saat juara Divisi Utama Perserikatan 1985 mengalahkan Persib Bandung di final /Dok. Indra Efendi Rangkuti

JURNAL MEDAN - Tanggal 23 Februari 1985, salah satu momen bersejarah sepakbola Indonesia terjadi di Stadion Utama Senayan saat PSMS Medan mengalahkan Persib Bandung di final Divisi Utama perserikatan.

PSMS Medan berhasil menaklukkan Persib Bandung di laga final yang berlangsung panas dan alot dengan skor 4-3 melalui babak adu penalti. Sebelumnya, kedua tim bermain sama kuat 2-2.

Final Divisi Utama Perserikatan itu disaksikan 150 ribu penonton, tercatat sebagai pertandingan terbesar dalam sejarah laga amatir di dunia, menurut buku AFC terbitan 1987.

Baca Juga: PSMS Medan Ikuti Diskusi Pembentukan Timnas SEA Games 2023, Dipimpin Indra Sjafri, Ada Rekomendasi Satu Pemain

Rekaman pertandingan ini disimpan rapi oleh pengamat PSMS Medan Indra Efendi Rangkuti yang menceritakan kembali sejarah tersebut kepada Jurnal Medan pada 23 Februari 2023.

Keberhasilan skuad Ayam Kinantan mempertahankan gelar juara Divisi Utama Perserikatan PSSI musim 1984/1985 dirayakan secara spontan dan gegap gempita.

Bintang PSMS Musimin menangis haru hingga harus dipapah 2 rekannya RS Bangga Gultom dan Hadi Sakiman usai PSMS menjadi Juara Divisi Utama Perserikatan PSSI 1985
Bintang PSMS Musimin menangis haru hingga harus dipapah 2 rekannya RS Bangga Gultom dan Hadi Sakiman usai PSMS menjadi Juara Divisi Utama Perserikatan PSSI 1985 Dok. Indra Efendi Rangkuti

Menurut Indra, tidak kurang dari ratusan ribu pencinta kesebelasan PSMS di kota Medan dan di berbagai kota di daerah kabupaten/ kota di Sumatera Utara berpesta.

Bahkan di tanah Serambi Mekkah, Aceh, kemenangan PSMS disambut dengan teriakan-teriakan histeris dan yel-yel di berbagai kedai kopi di tengah kota.

Halaman:

Editor: Arif Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x