Menuju Hari H Pemilihan, Elektabilitas Prabowo-Gibran Terus Tinggi, Survei Temukan Fakta Unik dengan Anomali

- 2 Februari 2024, 20:19 WIB
Khofifah Indar Parawansa bersama Wagub Emil Elestianto Dardak di Kampanye Akbar Partai Demokrat yang dihadiri Prabowo Subianto dan AHY di Malang, Jawa Timur. /Instagram @agusyudhoyono
Khofifah Indar Parawansa bersama Wagub Emil Elestianto Dardak di Kampanye Akbar Partai Demokrat yang dihadiri Prabowo Subianto dan AHY di Malang, Jawa Timur. /Instagram @agusyudhoyono /

JURNAL MEDAN - Tingkat keterpilihan atau elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Gibran makin jauh mengungguli pasangan lainnya yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Survei terbaru Dinamika Survei Indonesia (DSI) menyatakan elektabilitas Anies dan Ganjar mentok alias tak dapat bergerak naik lagi.

Survei DSI yang berlangsung pada 15-27 Januari 2024 di 34 provinsi seluruh Indonesia melibatkan 1.880 responden dengan menggunakan sampel Multistage Random Sampling.

Baca Juga: PSMS Medan Siap Tempur di Laga Pamungkas Liga 2, All Out Attack Bentrok Lawan PSIM Yogyakarta

Margin error 2,21 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka menggunakan kuesioner

"Responden ditanyai siapa presiden yang akan dipilih jika Pilpres diadakan saat ini. Sebanyak 52,1 persen publik mengaku akan memilih Prabowo-Gibran sementara Ganjar Pranowo-Mahfud MD dipilih sebanyak 30,7 persen dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar hanya mendapatkan simpati sebesar 11,3 persen dan tidak memilih 5,9 persen," kata direktur eksekutif DSI Alvian dalam keterangan tertulis, Jumat, 2 Februari 2024.

Namun dari penilitian ini ditemukan adanya anomali sosial yang terjadi di masyarakat, khusus pada pemilih muda berusia 17-35 tahun yang dalam penelitian ini jumlahnya 58,9 persen.

Alvian menjelaskan survei DSI ingin mengetahui bagaimana pendapat mereka tentang arah yang dituju negara dibawah kepemimpinan Jokowi dan permasalahan apa yang paling penting bagi mereka, serta apa pendapat mereka mengenai pemerintah dan para pemimpinnya.

Baca Juga: Pemilih Loyal Jokowi Jatuhkan Pilihan ke Prabowo-Gibran, Ini Hasil Survei PSI Mengukur Pengaruh Cawe-cawe

Halaman:

Editor: Arif Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x