Kenangan Alfred Riedl, Pelatih yang Bawa Timnas Dua Kali ke Final Piala AFF, Salah Satunya Dikalahkan Thailand

- 28 Desember 2021, 16:16 WIB
Kenangan Alfred Riedl, Pelatih yang Bawa Timnas Dua Kali ke Final Piala AFF, Salah Satunya Dikalahkan Thailand
Kenangan Alfred Riedl, Pelatih yang Bawa Timnas Dua Kali ke Final Piala AFF, Salah Satunya Dikalahkan Thailand /Twitter/

JURNAL MEDAN - Sosok Alfred Riedl yang pernah melatih Timnas Indonesia sebanyak tiga periode Piala AFF pada 2010, 2014, dan 2016 masih dikenang hingga saat ini.

Alfred Riedl dianggap sebagai sosok bapak oleh generasi Timnas era Bambang Pamungkas cs yang pernah merasakan dua kali final Piala AFF pada 2010 dan 2016.

Di tahun 2010 Alfred Riedl dengan jenius membawa Indonesia ke final Piala AFF namun akhirnya dikalahkan Malaysia dengan skor agregat 5-3.

Indonesia digebuk 3-0 di Kuala Lumpur namun menang 2-1 di Jakarta.

Baca Juga: Media Vietnam Ragukan Kemampuan Shin Tae Yong dalam Laga Final Piala AFF Suzuki Cup 2020

Kemudian di tahun 2016 Alfred Riedl kembali membawa Skuad Garuda ke final Piala AFF namun lagi-lagi dikalahkan Thailand dengan skor agregat 4-1.

Timnas menang 2-1 di leg pertama, tapi kalah 0-2 di leg kedua. Indonesia gagal lagi dan hanya menjadi runner up, tetapi jasa Alfred Riedl tetap dikenang.

"Saya banyak belajar tentang apa itu etos kerja dan profesionalisme," ujar Bambang Pamungkas memuji pelatih asal Austria tersebut.

Alfred Riedl wafat pada 8 September 2020. Ia meninggal dikarenakan kanker namun sebelum itu ia juga telah mengalami isu kesehatan.

Halaman:

Editor: Arif Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x