Sejarah Awal Piala AFF Suzuki Cup 2020. Thailand vs Indonesia Lahirkan Kontroversial dan Deratan Rekor Timnas

- 1 Januari 2022, 22:10 WIB
Sejarah Awal Piala AFF Suzuki Cup 2020. Thailand vs Indonesia Lahirkan Kontroversial dan Deratan Rekor Timnas
Sejarah Awal Piala AFF Suzuki Cup 2020. Thailand vs Indonesia Lahirkan Kontroversial dan Deratan Rekor Timnas /Instagram.com/pengamatsepakbola

JURNAL MEDAN - Piala AFF Suzuki Cup 2020 saat ini sudah memasuki partai puncak perebutan juara yang mempertemukan antara Thailand melawan Timnas Indonesia.

Berikut ini sejarah awal gelaran piala AFF Suzuki Cup 2020 dan deretan rekor Timnas Indonesia. Awalnya turnamen ini bernama Piala Tiger yang berlangsung di Singapura pada tahun 1996 pertama kali.

Pada gelaran awal pertama Piala Tiger 1996 berhasil dimenangkan oleh Thailand setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0 di partai final.

Baca Juga: Pemerintah Singapura Larang 4 Pemain Timnas Indonesia di Leg Kedua Final AFF Suzuki Cup 2020

Pada edisi kedua gelaran Piala Tiger 1998 yang digelar di Vietnam, yang mempertemukan antara Timnas Indonesia melawan Thailand di babak penyisihan grup melahirkan kejadian kontroversial.

Saat ini itu pemain Timnas Indonesia Mursyid Efendi sengaja membuat gol ke gawang Indonesia yang membuat Thailand berhasil menang dengan skor 3-2.

Hal itu dilakukan Timnas Indonesia untuk menghindari tuan rumah Vietnam di babak semifinal. Akibat dari kejadian kontroversial itu akhirnya Timnas Indonesia dan Thailand menerima denda.

Baca Juga: Link Streaming dan Prediksi Watford vs Tottenham Hotspur, Conte Minta Spurs Habis-habisan Buka Tahun 2022

Pada gelaran Piala Tiger 1998 yang diwarnai kejadian kontroversial dari Timnas Indonesia dan Thailand ini akhirnya Singapura keluar sebagai juara setelah mengalahkan Vietnam di partai final.

Nama gelaran Piala Tiger berasal dari perusahaan Bir Singapura dan pada tahun 2007 menjadi kejuaraan Federasi Sepakbola Asean (AFF) dan pada tahun 2008 berganti menjadi Piala AFF Suzuki Cup.

Halaman:

Editor: Ahmad Fiqi Purba


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x