MENGEJUTKAN! Gaji Wasit Sepakbola Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara, Tapi Kualitas Rendah dan Sering Salah

- 9 Februari 2022, 10:19 WIB
MENGEJUTKAN! Gaji Wasit Sepakbola Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara, Tapi Kualitas Rendah dan Sering Salah. Foto: wasit Indonesia berlisensi FIFA, Thoriq Alkatiri
MENGEJUTKAN! Gaji Wasit Sepakbola Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara, Tapi Kualitas Rendah dan Sering Salah. Foto: wasit Indonesia berlisensi FIFA, Thoriq Alkatiri /Instagram @mario_sonatha

JURNAL MEDAN - Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali mengatakan gaji wasit di kompetisi sepakbola Indonesia tertinggi di Asia Tenggara.

Sayangnya bayaran tinggi tersebut tidak sebanding dengan kualitas yang dimiliki saat memimpin pertandingan di Tanah Air.

Bahkan gaji wasit Indonesia jauh lebih tinggi dibandingkan wasit Thailand yang kualitas sepakbolanya sedikit di atas Indonesia.

Baca Juga: Dari PSMS KE PSMS, Markus Horison Resmi Bergabung Dengan Shin Tae Yong Bantu TC Timnas U23 di Bali

Menurut Akmal Marhali, wasit di Indonesia kualitasnya rendah sehingga harus meningkatkan kemampuan agar lebih profesional, akurat, dan lebih berbobot di lapangan.

"Gaji wasit Indonesia yang tertinggi di Asia Tenggara, tapi kualitasnya sangat rendah," ujar Akmal Marhali kepada Jurnal Medan, Selasa, 8 Februari 2022.

Kesalahan-kesalahan wasit di kompetisi sepakbola nasional memang terkadang sangat fatal sehingga menimbulkan dugaan dan prasangka.

Misalnya kontroversi gol gelandang Persebaya Marselino Ferdinan yang dianggap offside oleh wasit  saat bermain imbang 0-0 kontra PSIS Semarang, Rabu 2 Februari 2022.

Baca Juga: SELAMAT! Pemain Muda PSM Makassar Muhammad Rafli ke Yunani Ikuti Trial Bersama Klub Atromitos Athens FC

Halaman:

Editor: Arif Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x