Intip Perbandingan Gaji Wasit Sepakbola Indonesia dan Thailand, Sayangnya Kualitas Indonesia Kalah Jauh

- 9 Februari 2022, 11:19 WIB
Perbandingan Gaji Wasit Sepakbola Indonesia dan Thailand, Sayangnya Kualitas Indonesia Kalah Jauh. Foto: wasit Indonesia berlisensi FIFA, Thoriq Alkatiri
Perbandingan Gaji Wasit Sepakbola Indonesia dan Thailand, Sayangnya Kualitas Indonesia Kalah Jauh. Foto: wasit Indonesia berlisensi FIFA, Thoriq Alkatiri /Instagram @mario_sonatha

JURNAL MEDAN - Gaji wasit sepakbola di Indonesia ternyata paling tinggi di Asia Tenggara, termasuk dari Thailand yang bayaran wasitnya lebih kecil, tapi kualitas sepakbolanya sedikit di atas Indonesia.

Faktanya, bayaran lebih tinggi tidak membuat kualitas wasit di Indonesia sebagai yang terbaik. Simak perbandingan bayaran wasit Indonesia dan Thailand berikut ini.

Tak jarang kita lihat kompetisi di Tanah Air kerap dirugikan akibat ulah wasit. Beberapa kasus/kejadian membuktikan para wasit di Indonesia kurang profesional.

Baca Juga: Seleksi Calon Pelatih Lisensi A PSSI Diikuti Sejumlah Mantan Pemain Top, Mayoritas dari Jawa, Satu dari Papua

Berbagai keputusan kontroversial, offside/onside, kartu merah/kuning, dan keputusan tidak akurat dari wasit kerap terjadi.

Akibatnya, klub-klub kesal dan menyampaikan protes hingga yang paling ribet adalah mengundang amarah suporter.

Berikut perbandingan gaji wasit di kompetisi sepakbola Indonesia: 

Wasit utama: Rp10 juta
Asisten wasit I: Rp7,5 juta
Pengawas Pertandingan: Rp5 juta
Wasit cadangan: Rp5 juta
Asisten wasit II: Rp7,5 juta

Nominal tersebut dihitung per laga atau per pertandingan sehingga nilainya cukup besar jika dihitung satu musim kompetisi.

Halaman:

Editor: Arif Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x