Data Lengkap Gaji Wasit Kompetisi Sepakbola Profesional Indonesia, Tertinggi di Asia Tenggara, Kualitas Rendah

- 5 Maret 2022, 05:00 WIB
Data Lengkap Gaji Wasit Kompetisi Sepakbola Profesional Indonesia, Tertinggi di Asia Tenggara, Kualitas Rendah
Data Lengkap Gaji Wasit Kompetisi Sepakbola Profesional Indonesia, Tertinggi di Asia Tenggara, Kualitas Rendah /ANTARA FOTO

JURNAL MEDAN - Berikut ini data lengkap gaji wasit kompetisi sepakbola profesional di Indonesia. Ternyata jumlahnya tertinggi di Asia Tenggara.

Data dan fakta gaji wasit ini sungguh miris dengan kinerja pengadil lapangan kompetisi di tanah Air yang kurang profesional, kerap bikin keputusan kontroversial.

Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali yang memiliki data lengkap gaji wasit tersebut mengatakan wasit Indonesia sebenarnya tertinggi di Asia Tenggara.

Baca Juga: Profil Kota Chofu yang Jadi Markas Tokyo Verdy, Sosok Pratama Arhan Punya Daya Tarik Tersendiri di J2 League

Sayangnya bayaran tinggi tersebut tidak sebanding dengan kualitas yang dimiliki saat memimpin pertandingan profesional di tanah air.

Bahkan gaji wasit Indonesia jauh lebih tinggi dibandingkan wasit Thailand yang kualitas sepakbolanya sedikit di atas Indonesia.

Menurut Akmal Marhali wasit di Indonesia kualitasnya rendah. Wasit, kata dia, harus meningkatkan kemampuan agar lebih profesional, akurat, dan berbobot di lapangan.

"Gaji wasit Indonesia yang tertinggi di Asia Tenggara, tapi kualitasnya sangat rendah," ujar Akmal Marhali kepada Jurnal Medan, Selasa, 8 Februari 2022.

Baca Juga: Bikin Ngakak, Kartu Kuning Aneh Wasit Lisensi FIFA Fariq Hitaba di Laga Persib Bandung vs Persija Jakarta

Halaman:

Editor: Arif Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x