Wasit oh Wasit, Jelas-jelas Penalti Kok Didiamkan, Kepercayaan Terhadap Kompetisi Menurun, DPR Pun Bersuara

- 4 Maret 2022, 17:41 WIB
Wasit oh Wasit, Jelas-jelas Penalti Kok Didiamkan, Kepercayaan Terhadap Kompetisi Menurun, DPR Pun Bersuara
Wasit oh Wasit, Jelas-jelas Penalti Kok Didiamkan, Kepercayaan Terhadap Kompetisi Menurun, DPR Pun Bersuara /Tangkapan layar/Instagram @sport.indosiar

JURNAL MEDAN - Kinerja wasit yang banyak dikeluhkan klub dan suporter mendapat perhatian DPR RI terutama dalam mendidik dan melatih wasit di BRI Liga 1, kompetisi sepakbola profesional di tanah air.

PSSI selaku federasi dinilai letoy. Misalnya ada pelanggaran yang jelas-jelas penalti malah didiamkan sehingga menimbulkan kemarahan, kepercayaan menurun terhadap kinerja wasit.

Belum lagi keputusan kontroversial soal offside dan onside dari kinerja wasit yang mencederai rasa keadilan dan mengurangi kepercayaan terhadap kompetisi.

Baca Juga: Bikin Ngakak, Kartu Kuning Aneh Wasit Lisensi FIFA Fariq Hitaba di Laga Persib Bandung vs Persija Jakarta

Sebenarnya kualitas wasit dan sikap profesional mereka dalam memimpin pertandingan di Indonesia sudah dikeluhkan sejak lama oleh klub dan suporter.

"Banyak keputusan kontroversial yang merugikan banyak tim," kata Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Jumat, 4 Maret 2022.

Syaiful menyebut keputusan kontroversial wasit banyak merugikan tim-tim yang mencederai rasa keadilan dan merusak sportivitas olahraga.

Ia mencontohkan keputusan kontroversial wasit di laga Madura United vs Persebaya Surabaya pada 28 Februari 2022.

Baca Juga: Gara-gara Ucapan 'Bagus Wasit', Rene Albert Diganjar Kartu Kuning di Laga Persib vs Persija. Apa yang Salah?

Halaman:

Editor: Arif Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x