Kisah Pelatih Terbaik Liga Jepang, Mulai Dari Arsene Wenger Hingga Hajime Moriyasu dan Oswaldo de Oliveira

- 18 September 2022, 13:32 WIB
Oswaldo de Oliveira, salah satu pelatih tersukses di Liga Jepang yang pernah meraih tiga kali penghargaan Manager of J.League Champions sebanyak tiga kali
Oswaldo de Oliveira, salah satu pelatih tersukses di Liga Jepang yang pernah meraih tiga kali penghargaan Manager of J.League Champions sebanyak tiga kali /Official J.League/Instagram

JURNAL MEDAN - Liga Jepang alias J.League dikenal sebagai salah satu kompetisi terbaik Asia dan dunia, sudah banyak melahirkan bintang sepakbola hingga jajaran pelatih kelas dunia.

Salah satunya adalah Arsene Wenger yang pernah sukses bersama Arsenal. Siapa tak kenal Wenger yang dianggap salah satu pelatih terbaik sepanjang masa.

Sebagai informasi, sebelum sukses dan pensiun bersama Arsenal di Liga Inggris, Arsene Wenger mengawali sukses di Liga Jepang bersama Nagoya Grampus 1995-1996.

Baca Juga: Tokyo Verdy, Klub Pratama Arhan Terdepak dari Piala Kaisar Jepang 2022, Sempat Menjungkalkan Tim-tim Raksasa

Semenjak J.League bergulir pada 1993, sudah banyak pelatih yang pernah merasakan ketatnya persaingan di kasta teratas Liga Jepang.

Selama 29 musim J.League bergulir terdapat beberapa nama pelatih yang bersinar hingga mendunia.

Ini diawali dengan penghargaan yang diberikan J.League melalui gelaran J.League Awards yang diselenggarakan tiap tahun.

Sejak 1993, J.League sudah memberikan gelar kepada pelatih terbaik musim itu lewat penghargaan Pelatih Terbaik (Manager of The Year).

Baca Juga: Profil Urawa Red Diamonds, Raksasa J.League yang Jadi Tim Terbaik Asia Timur 2022, Calon Raja Benua Kuning

Halaman:

Editor: Arif Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x