Elektabilitas Sudah di Atas 50 Persen, Survei Terbaru Temukan Pilpres 2024 Satu Putaran untuk Prabowo-Gibran

- 21 Januari 2024, 11:13 WIB
Potret Ketiga Pasangan Capres dan Cawapres yang siap bertarung dalam ajang kontestasi Pilpres 2024 (dari kiri ke kanan), Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud.
Potret Ketiga Pasangan Capres dan Cawapres yang siap bertarung dalam ajang kontestasi Pilpres 2024 (dari kiri ke kanan), Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud. /Beny Kawistoro

JURNAL MEDAN - Hasil survei terbaru Timur Barat Research Center mengukur tingkat keterpilihan Pasangan Capres - Cawapres pada pilpres 2024. Survei ini mengunakan sample sebanyak 1984 responden dari 389 Kabupaten/Kota di 34 Provinsi .

Sampel responden dipilih secara acak dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender

Margin of error hasil survei ini sebesar kurang lebih 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Legimin Rahardjo Ditunjuk Sebagai Caretaker, Manajemen PSMS Medan Tak Buru-buru Cari Pelatih Kepala

Direktur Eksekutif TBRC, Johanes Romeo mengatakan, dalam pertanyaan terbuka atau ketika semua responden ditanyakan Capres - Cawapres mana yang akan dipilih jika pilpres digelar hari ini, maka dari jawaban 1984 responden secara terbuka pasangan Prabowo - Gibran dipilih sebanyak 39,6 persen lalu disusul oleh pasangan Ganjar - Mahfud sebanyak 27,2 persen dan pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar sebanyak 16,1 persen dan yang tidak menjawab sebanyak 17,1 persen

Sementara dengan mengunakan pertanyaan tertutup mengunakan kuisioner dengan memberikan pertanyaan yang sama, maka hasil tabulasi dari hasil jawaban 1984 responden pasangan Prabowo-Gibran dipilih sebanyak 50,2 persen dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud dipilih sebanyak 28,8 persen dan pasangan Anies Baswedan -Muhaimin Iskandar dipilih sebanyak 17,2 persen sedangkan yang tidak memilih sebanyak 3,8 persen.

Baca Juga: Pamit dari PSMS Medan, Coach Miftahudin Mukson Doakan Tim Ayam Kinantan Sukses

"Dalam survei ini juga diukur persepsi masyarakat untuk menilai kinerja pemerintahan Presiden Jokowi dan jawaban dari 1984 responden sebanyak 78,1 persen puas dengan kinerja Presiden Jokowi dan sebanyak 17,6 persen tidak Puas dan sebanyak 4,3 persen tidak menjawab," kata Johanes dalam keterangannya, Minggu (21/1/2024).

Sebanyak 68,8 persen responden menginginkan keberlanjutan program program yang selama ini dijalankan oleh pemerintahan Jokowi oleh Capres dan Cawapres yang terpilih nanti dan sebanyak 20,1 persen menginginkan perubahan dari program program Jokowi terutama menyangkut program program yang kurang efektif dan tidak banyak bermanfaat bagi rakyat dan dibiayai oleh hutang. dan sebanyak 11,1 persen tidak memberikan pendapat.

Halaman:

Editor: Arif Rahman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x