Ulang Tahun Ke 72, Ini Sejarah Berdirinya PSMS Medan Namun Diwarnai Dengan Kisruh Manajemen Jelang Liga 2 2022

- 20 April 2022, 11:40 WIB
Inilah Sejarah Berdirinya PSMS Medan
Inilah Sejarah Berdirinya PSMS Medan /


JURNAL MEDAN - Berikut ini sejarah berdirinya PSMS Medan yang akan memperingati ulang tahun ke 72 dan pada saat ini diwarnai kisruh internal manajemen jelang Liga 2 2022.

PSMS Medan yang berdiri pada tanggal 21 April 1950 akan genap berusia 72 Tahun yang bertepatan hari Kamis 21 April 2022 dan saat ini bermain di kasta Liga 2.

PSMS Medan, singkatan dari Persatuan Sepak Bola Medan dan Sekitarnya (PSMS), berbasis di kota Medan yang saat ini sahamnya dimiliki oleh Edy Rahmayadi dan Kodrat Shah.

Baca Juga: Profil Erik Ten Hag, Calon Pelatih Manchester United, Punya Filosofi Mirip Pep Guardiola, Punya Hati Mirip Ole

Sejarah PSMS dimulai dengan DVB. Secara eksplisit, para pemangku kepentingan sepakbola di Medan memulai rapat umum pertama membentuk serikat tanggal 7 Juli 1907.

Kemudian, dengan berdirinya OSVB pada tahun 1915, DVB secara terbuka menyatakan bersedia untuk berintegrasi dengan OSVB (proses fusi).

Namun sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi, coverage area OSVB sudah tidak efektif lagi.

September 1949, para pemangku kepentingan sepak bola di Medan membentuk VBMO (proses fisi). Dalam rangka menyesuaikan kebijakan VUVSI (NIVU suksesi) pada tahun 1948 untuk menerjemahkan VUVSI menjadi ISNIS, maka VBMO juga diterjemahkan menjadi PSMS dan kemudian serikat sepak bola Medan disebut VBMO/PSMS.

Baca Juga: 5 Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar, Tingkatkan Ibadah di Sepuluh Malam Terakhir Ramadhan 1443 H atau 2022

Maret 1950, militer Belanda meninggalkan Medan. Organisasi sepak bola Negara Sumatera Timur pada masa pendudukan Belanda, Rumah Susun Football Club (RSFC) dan Oost Sumatera Voettbal Bond (OSVB) yang telah berdiri sejak awal tahun 1930-an kemudian berubah nama menjadi Persatuan Sepakbola Medan dan Sekitarnya di tahun 1950.

Namun, tidak ada bukti yang jelas bahwa MVC, DVB, OSVB, VBMO, RSFC, dan klub sepak bola lain yang didirikan pada masa kolonial Belanda adalah cikal bakal PSMS.

Halaman:

Editor: Ahmad Fiqi Purba


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x